Selasa, 05 April 2011

Tips Merawat Harddisk secara fisik maupun software

Perawatan Harddisk secara Fisik
  • Selalu bersihkan komputer Anda. Untuk membersihkan bagian luar bisa digunakan cairan pembersih khusus atau dengan kain lap saja. Namun untuk bagian dalam harus digunakan kuas yang berukuran kecil agar dapat masuk ke bagian yang sempit. Kenapa bagian dalam komputer harus dibersihkan? Karena terlalu banyak debu yang menempel dapat menyebabkan gangguan. Misal debu di kipas prosesor dan di heatsink akan menyebabkan proses pembuangan panas dari prosesor terhambat sehingga membuat komputer bersuhu lebih tinggi yang dapat mengakibatkan sistem mudah hang atau restart. Debu yang menumpuk di slot I/O atau RAM juga dapat menyebabkan short listrik.
  • Anda harus menggunakan Stabilizer. Gunanya untuk menyetabilkan tegangan listrik yang masuk pada komputer anda, karena listrik pada PLN itu sebenarnya tidak stabil, sehingga dapat merusak PC kita. Bahkan jika anda betul-betul ingin menjaga PC kita, kita bisa menggunakan UPS (Uninteruptable Power Supply).
  • Gunakan kipas secukupnya, usahakan kipas prosesor Anda sudah sesuai dengan jenis prosesor yang dipakai. Dan gunakan kipas sirkulasi di bagian depan sebagai pemasok udara dingin dan bagian belakang sebagai pembuang udara panas. Dan segera ganti kipas Anda apabila sudah melebihi dari life timenya (kadaluwarsa).
  • Usahakan untuk selalu menutup casing komputer dengan baik, jangan sampai ada hewan yang masuk misalnya cicak atau kecoak, karena ini dapat berakibat fatal. Selain itu, casing yang terbuka akan membuat debu mudah masuk.
Perawatan Harddisk secara Software
  • Defrag secara berkala Harddisk, karena windows dalam menulis data di sebuah hardisk dilakukan secara acak. Dan untuk merapikan kembali susunan file-file tersebut, dengan jalan defragment. Dengan tersusunnya file-file tersebut maka kecepatan komputer untuk membaca data akan semakin tinggi. Dapat digunakan software defragmentasi dari Windows atau software lain misal Speedisk (Norton Utilities).
  • Uninstall software yang tidak terpakai karena semakin banyak software yang terinstall maka akan semakin memper-berat kinerja sebuah komputer.
  • Apabila Anda terhubung dengan jaringan dan sharing file, maka berhati-hatilah dalam men-share folder penting. Usahakan untuk tidak men-share sebuah drive data atau system karena ini sangat berbahaya.
  • Untuk keamanan data, buatlah backup data Anda di tempat lain (jika ada dan memungkinkan dapat menggunakan drive eksternal).
  • Hapus shortcut yang tidak terpakai, karena semakin banyak shortcut maka proses start dan shutdown Windows akan semakin lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar